Kuliner

Ayam Blondo Mbak Wiwik ; Karena Makan Ayam Biasa Sudah Terlalu Biasa

10 Agustus 2020

Hmm.. Dari penampakan fotonya saja sudah kelihatan yummy kan?

Ini dia, Si Ayam Blondo Mbak Wiwik. Sudah pernah dengar kata blondo? Blondo adalah adalah Ampas minyak kelapa, merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai santapan. Ada orang yang mengolahnya menjadi camilan, ada pula yang menjadikannya pendamping makanan berat. Dengan tagline “Karena Makan Ayam Biasa Sudah Terlalu Biasa”, Mbak Wiwik berinovasi menciptakan olahan ayam dengan rasa yang berbeda.

Mbak Wiwik yang awalnya berjualan gudeg Jogja berinisiatif menciptakan resep ayam blondo yang dipadukan dengan sambal bawang dan lalapan. Ayam blondo buatan Mbak Wiwik ini pertama dan satu-satunya yang ada di Purwokerto. Kalau tidak salah begitu infonya. Selain menonjolkan bahan-bahan yang halal dan berkualitas, Mbak Wiwik juga tidak pelit dalam meracik bumbu sehingga tercipta rasa dan kualitas ayam blondo yang – sependek yang saya tahu- belum ada bandingnya.

Ayam blondo made in Mbak Wiwik ini cocok sekali dinikmati dengan nasi hangat. Bisa saat sarapan, makan siang, bahkan untuk makan malam pun cocok saja. Rasa gurih ayam yang berpadu dengan bumbu blondo lalu dicocol di sambal bawangnya yang pedasnya nampol, menciptakan sensasi rasa yang emmm.. Gimana ya, susah sih mau njelasin. Yang jelas enak banget! Maasya Allah.. Inilah untuk pertama kalinya saya makan ayam blondo yang super enak. Belum tahu kalau ada yang lebih enak juga sih. Hahaa…

 

Foto ayam blondo ala Mbak Wiwik. Sambalnya maasya Allah… Nampol abis!

Selain menjual ayam blondo, Mbak Wiwik juga menyediakan sambal blondo dalam kamaşan botol juga lho. Tersedia dalam 2 rasa. Original (tidak pedas) dan Pedas (asli pedas banget untuk ukuran lidah saya).

Sambal blondo dalam kemasan botol. Tanpa bahan pengawet tapi bisa awet sampai sebulan lebih. Insya Allah.

Ayam blondo Mbak Wiwik berlokasi di Mersi Purwokerto. Untuk olahan ayamnya, kayaknya belum tersedia versi frozen. Jadi untuk kirim-kirim ke luar kota mungkin belum memungkinkan, kecuali memakai ekspedisi sehari sampai. Nah, kalau untuk sambal blondonya bisa dikirim-kirim luar kota. Karena insya Allah awet sampai 1 bulan. Tanpa bahan pengawet ya.. Saya sudah mencobanya sendiri. Alhamdulillaah memang beneran awet. Awetnya karena proses masak blondonya yang lama dan tanak. Semua menu di dapur Mbak Wiwik insya Allah diolah secara higienis ya. Jadi insya Allah bersih dan aman.

 

Pengolahan dan penyajiannya higienis.

Ayam blondo Mbak Wiwik tersedia dalam 2 pilihan, ayam negeri dan ayam kampung. Untuk harga, insya Allah masih terjangkau kantong kok. Cocok banget buat hantaran, atau makan bersama keluarga. Mbak Wiwik juga menerima pesanan dalam jumlah besar. Mulai dari nasi box, hantaran hingga tumpeng blondo juga dilayani. Harga bisa menyesuaikan budget.

Ayam blondo untuk hantaran.

Untuk kekurangannya..

Emm, kekurangannya adalah.. sambal bawangnya terlalu pedas untuk ukuran saya! 🤣  Tapi untuk pecinta sambal pedas, pasti rekomended sekali.

Oya, Mbak Wiwik belum membuka cabang di kota manapun. Termasuk di Jogja. Belum ada. Hahaa.. Jadi kalau kepengen makan ayam blondo, mesti ke Purwokerto dulu atau cukup beli sambalnya aja deh. Wkwkwkwk.. Semoga suatu saat bisa buka cabang di berbagai kota. Aamiin..

Untuk mengetahui menu-menu di dapur Mbak Wiwik, silakan tengok akun instagramnya di @ayamblondo_mbakwiwik

Alamat dapurnya : Mersi Purwokerto

Kontak : +6282138808007

Penasaran? Coba aja pesan! 😄

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *