Resep Ummu Sulthon

Resep Sup Jagung ala Ummu Sulthon

20 Oktober 2020

Sebenarnya ide memasak sendiri sup jagung ini berawal dari ngidam pengen makan zuppa soup anget-anget. Tapi dasare saya tu jarang makan zuppa soup, makannya kalau ada undangan manten aja, jadilah nahan-nahan ngidamnya. Wkwkwkwk.

Akhirnya, berbekal niat yang bulat, nyoba bikin sendiri sup jagungnya. Jadi bikin sup ini tanpa pastry nya ya. Bukan zuppa soup juga. Cuman supnya aja. Itu juga sudah puas ngobatin ngidam makan zuppa soup.

Etapi, sup jagung yang saya buat sih nggak se-creamy sup buat isian zuppa sup ya. Kalau supnya zuppa kan ada rasa-rasa creamy susu atau apa sih itu? Resep saya nggak pake susu. Dulu pertama searching resep ini kalau nggak salah di cookpad. Tapi karena saya pemales kalau urusan nyimpan resep, alhasil cuma diinget-inget aja ini sih.🤣

Ini dia resep sup jagung yang insya Allah tetep enak meskipun mayoritas takaran pakai perkiraan aja.. 😂

Bahan :

2 bonggol jagung manis

1 buah wortel

1 buah brokoli

2 butir bawang putih

Bawang bombay dibelah, pakai seperempatnya aja

Garam secukupnya

Gula pasir dikiit banget (setengah sendok teh juga cukup)

Merica bubuk

Daging ayam

Minyak sayur /margarin

Tepung maizena secukupnya

Telur 1 butir / 2 butir sesuai selera aja (bisa telur ayam biasa, telur ayam kampung, atau telur bebek. saya tadi pakai telur bebek)

Kaldu bubuk (optional, kalau saya pakai. Hehe)

Kalau punya stok sosis, bisa ditambahkan juga.

Note : Isian sayuran bebas ya, nggak usah terpaku resep. Kalau suka pakai sayur lain, pakai aja. Yang penting jagungnya jangan ketinggalan. Ntar berubah nama, bukan lagi sup jagung kalau nggak ada jagungnya.

 

Cara buat :

1. Pastikan semua bahan sayur sudah dicuci bersih ya. Lalu pipil jagung manis. Wortel dipotong-potong kotak kecil. Brokoli dipotong-potong halus, bagian batang tidak saya pakai. Sisihkan dulu bahan sayuran.

2. Iris-iris bawang bombay, dan geprek aja si bawang putih.

3. Siapkan panci yang diisi air, kira-kira bisa buat makan 5 orang lah. Duh, semua pake kira-kira. Monmaap ya..🤣

4. Panaskan wajan, tumis daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dengan baput dan bawang bombay memakai sedikit minyak atau margarin. Sampai daging ayam terlihat memutih setengah matang.

5. Setelah harum, masukkan tumisan ayam + bawang ke dalam panci berisi air. Panaskan panci sampai air mendidih.

6. Setelah air mendidih, masukkan jagung dan wortel. Lalu masukkan brokoli.

7. Sambil menunggu sayuran matang, masukkan garam, gula, merica bubuk, kaldu bubuk. Ingat, semuanya dikira-kira sendiri saja ya. Kadar asin kita kan beda ya.. Hahaa.

8. Lalu setelah itu, cairkan 3 sdm tepung maizena + air sepertiga gelas. Sampai encer ya, nggak nggumpal. Sisihkan.

9. Balik ke panci, masukkan telur ke dalam panci sambil terus diaduk agar telur pecah dan bercampur dengan kuahnya.

10. Masukkan perlahan campuran air + maizena ke dalam panci sambil diaduk agar tidak menggumpal. Tunggu hingga kuah mengental dan meletup-letup.

11. Setelah meletup-letup, matikan api. Sup jagung siap disajikan dengan saos.

Tekstur kuah sup jagung ini kental saat panas dan cenderung encer saat dingin ya. Jadi sebaiknya dimakan hangat-hangat. Kalau pas hujan lebih nikmat lagi. Maasya Allah.

Happy cooking, everyone!

😋

Saya pakai ceker karena kehabisan stok daging ayam di kulkas. Adanya ceker, ya pakai ajalah. Dan saya tambahkan sosis juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *