Rasan-Rasan

Suami Brewokan

27 Januari 2010

Bismillaah..

 

Assalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, Bapak, Ibu, Mbak Mas, teman semua…

Pagi tadi, terbetik dalam pikiran saya untuk menulis catatan ini. Sebenarnya kurang penting juga sih… Tapi karena catatan kali ini berangkat dari ketidak tahuan saya tentang satu hal, makanya saya ingin berbagi dengan njenengan semua. Barangkali ada yang bisa kita bagi bersama lewat rasan-rasan kali ini.

 

Untuk teman-teman perempuan saya, pernahkah suatu ketika kalian menyapu halaman, lalu tiba-tiba ada seseorang nyeletuk : “Nyapunya yang bersih ya… Kalo ngga bersih, nanti suaminya brewokan loh…”

Pasti salah satu dari teman-teman pernah mendengar celetukan itu kan? Trus, apa jawab kalian? “Iya, ini juga udah bersih…” atau, “Masak sih, Bu..” atau, “Hehehehe…” ?

 

Saya juga sering bingung ketika saya sedang menyapu halaman depan rumah simbah saya- yang cukup menguras energi- lalu tiba-tiba seseorang berteriak pada saya (paling sering tetangga depan rumah tuh): “Nyapunya yang bersih ya, Mbak Nonik… Biar suaminya nanti ngga brewokan!”

 

Pada awalnya saya hanya membalasnya dengan senyuman heran. Sambil mengerutkan kening, terbersit tanya ‘Apa hubungannya nyapu ngga bersih dengan suami brewokan?’ Dan tidak hanya satu dua kali saja saya mendengar tetangga saya berkata begitu. Lain hari, meluncur lagi perkataan yang sama, dari lain tetangga.

 

Lama-lama, saya jadi berpikir, harus jawab apa ya… Karena kalau dalam istilah saya, kata-kata mereka itu jadi begitu ‘NJELEI’. *Perasaan kalau saya lagi nyapu, diperhatiin mulu siy! Suatu ketika, saya menyapu di sore hari. Bisa ditebak komentar apa yang saya terima saat itu. Ya, betul sekali : “Hayooo… Mbak Nonik nyapunya yang bersih, nanti ndak suaminyya brewokan! Hehehe…”

 

Lantas- karena saking kesalnya- spontan saja saya jawab, “BIARIN MBAK, EMANG SAYA NYARI YANG BREWOKAN KOK!” *Weeekkk, weekkk…. rasanya saya pengen ngomong gitu sambil ‘melet-melet’!

 

NB: Nah, bapak ibu, temans semua… adakah dari njenengan semua yang tahu, APA HUBUNGAN ANTARA NYAPU DENGAN BREWOKNYA SUAMI? Toh kalo saya amati, ada juga tetanggga saya yang punya suami brewokan, tapi kalo nyapu juga bersih… (sampe tanah-tanahnya juga disapu… hihihihi…)

Sweep icon. Sweep symbol design from Cleaning collection. Simple element vector illustration on white background.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *